Bagi seseorang yang mendalami ilmu komputer, pastinya tidak asing dengan istilah rollover dalam proses pendesainan web. Rollover sendiri memiliki cara yang sama pada seluruh jenis pekerjaan. Dalam pembuatan rollover pada sebuah situs, diperlukan sejenis pemicu gerakan yang digunakan untuk menampilkan diagram pada saat tanda panah (mouse) diarahkan ke objek tersebut. Adapun bentuk dari pemicu tersebut contohnya adalah objek web, hotspot, slice, dan sebagainya. Lantas bagaimanakah cara membuat rollover yang sebenarnya? Sebelum membahas mengenai langkah-langkahnya, maka perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis rollover yang bisa Anda buat, yakni rollover sederhana dan rollover disjoint.

Rollover yang akan diulas terlebih dahulu pada artikel ini ialah rollover sederhana. Fungsi dari rollover jenis ini ialah untuk mengganti state yang satu dengan state yang lainnya dengan cepat serta meletakkannya dalam slice yang sama dan jika anda ingin melihat cara kerjanya secara langsung, anda bisa langsung kunjungi situs agen bola terpercaya http://agenbola108.info karena situs agen bola tersebut menggunakan Rollover. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat rollover adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang harus Anda lalui ialah mengimpor objek grafis dengan menggunakan menu file kemudian import. Pada tahapan ini, Anda harus meletakkan objek grafis pada jendela dokumen.
  • Apabila telah melakukan proses pengimporan grafis, Anda harus memilih objek gambar serta menggunakan tombol Slice tool untuk membuat objek slice di atas gambar tersebut.
  • Hal berikutnya yang harus Anda lakukan ialah membuka control panel untuk menekan tombol Duplicate state, yang bertujuan untuk menambah state baru. Kemudian, pililah state dua dan tambahkan lagi satu gambar dengan menggunakan langkah yang sama seperti sebelumnya. Dalam hal ini, Anda harus meletakkan gambar dua di atas slice dan gambar satu.
  • Pililah state satu, lalu pilih objek slice pada jendela dokumen. Setelah itu, arahkan tanda panah menuju behaviour handle dan klik pada bagian yang bersangkutan.
  • Setelah Anda mengklik bagian tersebut, selanjutnya akan tampil menu pop-up. Klik pilihan Add Simple Rollover Behaviour. kemudian, klik tabulasi Preview dan lakukan pengujian pada rollover tersebut.

Sementara itu, rollover disjoint digunakan untuk menukar gambar di bawah objek web saat mouse berada di atas objek web lainnya. Adapun langkah-langkah untuk membuatnya ialah sebagai berikut:

  • Pembuatan rollover disjoint ini diawali dengan membuat dua buah teks pada jendela kanvas. Setelah itu, Anda harus memilih kotak teks yang nomor satu, kemudian klik menu edit, dilanjutkan dengan insert dan rectangular slice. Rectangular slice disini digunakan untuk memberikan slice sebagai objek pemicu. Dalam hal ini, Anda harus melakukannya juga pada kotak yang kedua.
  • Bukalah panel states dan pilih states satu. Kemudian, tambahkan objek gambar satu dan tambahkan rectangular slice pula pada gambar tersebut.
  • Pilihlah objek grafis kemudian klik menu Edit yang dilanjutkan dengan Insert dan Rectangular Slice.
  • Langkah terakhir ialah menambahkan state baru pada panel States dengan menggunakan icon Duplicate State dan menambahkan satu objek gambar di dalamnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Instagram