Sebelumnya perlu disampaikan bahwa artikel ini ditujukan untuk seseorang yang ingin menekuni bidang pemrograman atau sejenisnya, dan minimal sudah memahami dasar-dasar Bahasa pemrograman yang dikenal dengan istilah HTML (Hyper Text Markup Language) dan juga Javascript. Bagi orang-orang awam, mungkin saja ulasan ini nantinya akan sedikit asing dan membuat bingung. Namun, tidak ada salahnya jika Anda penasaran dengan prosedur dari pembuatan animasi yang ada pada sebuah web. Proses pendesainan sebuah website tentu saja tidak akan berjalan jika tidak ada perangkat pendukungnya. Selain harus menyediakan komputer, Anda juga harus menyediakan perangkat lunak yang menunjangnya. Adapun perangkat lunak yang umumnya digunakan untuk mempercantik tampilan website ialah Fireworks CS4. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menginstal perangkat tersebut pada komputer Anda.

Nah, salah satu fasilitas yang disediakan Fireworks ini sendiri adalah pembuatan Animasi Pada Website. Fasilitas pembuatan animasi ini disajikan dalam bentuk simbol. Tugas Anda di sini ialah mengganti properti simbol tersebut berdasarkan rangkaian waktu hingga mendapatkan gambar ilusi sesuai dengan keinginan Anda. Dalam hal ini, gambar animasi akan terbentuk melalui aksi setiap simbol tersimpan dalam state yang dijalankan secara bersamaan. Di samping fasilitas pembuatan animasi, Fireworks CS4 juga menyediakan desain animasi jadi yang siap untuk digunakan. Anda bisa menemukannya dalam panel common library. Adapun langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menciptakan sebuah animasi ialah dengan menekan icon edit, yang dilanjutkan dengan insert dan new symbol.

Ini Dia Prosedur Membuat Animasi Pada Website dengan Fireworks CS4

Pada tahapan ini, Anda sudah bisa mulai menuangkan ide kreatif dengan cara memasukkan nama untuk simbol pada kolom yang telah disediakan. Setelah itu, pililah tipe animation untuk beralih pada langkah selanjutnya. Sesudah menekan tombol ok pada layar, maka akan muncul area kerja untuk Anda. Untuk mendesain animasi, Anda bisa menggunakan tombol-tombol dalam panel tools. Anda bisa menggunakan vector atau bitmap untuk melakukannya. Dalam hal ini, Anda harus meletakkan objek tepat di tengah-tengah area kerja dan di atas tanda plus. Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk mengatur properti animasi yang Anda buat. Hanya saja, kebanyakan orang lebih suka menggunakan cara dengan mengklik menu modify, animation, dan animate selection. Apabila Anda merasa sudah selesai mengatur animasi, maka tekanlah tombol ok. Kemudian, akan muncul pengkonfirmasian bahwa animasi akan diletakkan dalam state tersendiri. Klik tombol ok lagi dan periksalah apakah hasil penambahan state pada panel sudah muncul atau belum. Jika belum, maka pilih menu windows, kemudian states. Anda bisa menguji jalannya animasi melalui lembar kerja simbol dengan cara menekan tombol play yang telah disediakan. Langkah terakhir ialah menyimpan animasi yang sudah dibuat dengan menekan tombol save as dengan format gif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Instagram