Dalam proses pembuatan slice pada website, Anda membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menunjang kegiatan ini. Pastinya Anda sudah sangat tau bahwa perangkat keras utama yang dibutuhkan ialah komputer, laptop, atau sejenisnya. Sementara itu, perangkat lunak yang harus Anda miliki ialah sebuah aplikasi yang memfasilitasi pendesainan web. Terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat slice website dengan aplikasi Fireworks CS4. Dalam hal pendesainan web, Bahasa pemrograman seperti HTML dan juga Javascript harus benar-benar sudah Anda kuasai, agar proses pendesainan dapat berjalan dengan lancar. Jika sudah tau, pastinya Anda tidak akan bingung dengan cara membuat slice website yang akan diulas pada artikel ini. Dan tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita akan membahas mengenai hal tersebut.

Fireworks CS4

Slice memiliki kegunaan untuk memotong dokumen Fireworks menjadi beberapa bagian kecil serta memindah setiap bagian tersebut untuk dijadikan sebagai file hasil Salinan. Ketika terjadi proses pengeksporan dokumen, Fireworks CS4 akan membuat dokumen HTML dan CSS yang mengandung kode table dan format yang berfungsi untuk menampilkan kembali diagram di dalam browser. Dalam hal ini, memotong gambar dinilai dapat memudahkan proses pembaharuan dari sebagian halaman web yang sering berubah. Untuk membuat objek slice, Anda bisa menggunakan icon atau tombol Polygon Slice tool dalam panel Tools grup Web. Adapun langkah pertama yang wajib Anda lakukan untuk membuat slice pada website adalah membuka dokumen yang berisi gambar atau grafis yang hendak diberikan objek slice. Kemudian, klik tombol slice tool yang terletak di dalam panel tools grup web. Hal ini ditujukan untuk membuat objek slice berbentuk persegi empat atau kotak. Setelah itu, arahkan tanda panah mouse ke dalam jendela dokumen hingga tanda panahnya berubah menjadi tanda plus. Anda harus menekan dan menggeser mouse tersebut hingga menciptkan objek slice. Jika Anda menggesernya ke kanan, maka objek akan bertambah lebar. Sementara itu, jika Anda menggesernya ke bawah, maka objek slice akan brtambah tinggi.
Jika Anda bermaksud membuat slice dengan bentuk bebas maka Anda harus menggunakan tombol polygon slice tool. Sedikit berbeda dari sebelumnya, pada langkah ini Anda hanya perlu menekan mouse pada titik-titik di sekitar objek yang akan dipotong. Jika ingin menghentikan proses pemotongan, maka pastikan pointer dari mouse kembali ke titik awal pembuatan slice polygon. Jadi, demikianlah proses pembuatan slice (objek potong) pada saat proses pendesainan web. Namun, ada satu cara lagi yang bisa Anda lakukan untuk membuat slice pada web, yakni dengan menekan menu edit, insert, kemudian polygon slice.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Instagram