Website dan dunia internet pastinya sudah bukan menjadi hal baru maupun sesuatu yang asing untuk Anda. Website menjadi penyedia informasi yang paling efektif saat ini karena mampu diakses kapan saja dan dimana saja selama Anda terhubung demgan jaringan internet. Sehingga kemudian perkembangan website ini mampu memberikan dampak bagi kehiduoan masyarakat terutama dalam pemenuhann kebutuhan. Karena kemudian berbagai aktivitas menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Akan tetapi akan lebih baik dan lebih bijak bila Anda mengenal lebih dalam dan mempelajari lebih baik mengenai berbagai perangkat pada website termasuk HTML. Sehingga Anda akan lebih mengetahui apa itu HTML dan juga apa saja fungsi utamanya.

Hyper Text Markup Language atau HTML adalah sebuah bahasa atau sebuah standar yang dikembangkan dalam rangka untuk membuka website. HTML atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan bahasa markup internet (website) ini berisi berbagai kode dan juga berbagai simbol yang dimasukkan dalam sebuah file. Dimana kode dan simbol ini nantinya akan berfungsi untuk membuat dan juga menampilkan website. Dengan begitu website yang telah dibuat akan mampu ditampilkan atau diakses oleh semua pengguna atau pembaca yang terkoneksi dengan jaringan internet. Bahasa atau standar HTML ini telah hadir sejak tahun 90an dimana HTML telah mengalami beberapa regenerasi yang semakin sempurna mulai dari HTML versi 1.0 hingga HTML versi 5.0 sebagai HTML versi terbaru. Tentu saja pada setiap versi dilakukan upgrade dan perbaikan sehingga setiap versi menjadi semakin baik dan lebih baik lagi. Hingga saat ini HTML terus mengalami perkembangan dan perbaikan dibawah sebuah organisasi yang bertanggungjawab atas pengembangan bahasan atau standar HTML yaitu oleh World Wide Web Concuil atau W3C.

Belajar Pengertian HTML Dan FungsinyaSebagai bahasa markup website, HTML ini sebenarnya memiliki beberapa fungsi dan kegunaan. Diantaranya ialah yang pertama berfungsi untuk membuat halaman website. Karena pada dasarnya memang semua website pasti akan dibuat dengan bahasa HTML. Lalu yang kedua HTML digunakan sebagai pondasi atau pionir dalam membangun dan membuat website. Ya, tanpa adanya HTML, maka website tidak akan bisa mengimplementasikan bahasa lainnya seperti Javascript, CSS, PHP, dan lain sebagainya. Yang ketiga HTML berfungsi untuk menandai teks pada halaman website. Yang keempat HTML berfungsi untuk menandai elemen pada halaman website seperti misalnya header, footer, navigasi, daan lain sebagaimya. Yang kelima HTML berfungsi untuk menampilkan informasu dalam bentuk yang variatif. Ya, Andda bahkan bisa mendapatkan informasi dalam bentuk tabel, dengan gambar yang semakin memudahkan pemahaman seperti misalnya dengan audio, gambar, video, dan lain sebagainya. Bahkan HTML ini memiliki fungsi yaitu untuk membentuk sebuah online form. Sangat menarik bukan? Itulah perkembangan HTML dan berbagai fungsinya yang semakin kompleks.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Instagram