Salah satu kegunaan dari Bahasa pemrograman HTML ialah untuk menciptakan link alternatif dalam sebuah halaman website tertentu. Hal tersebut seirama dengan adanya kata “Hypertext” pada singkatan HTML. Tujuan dari hypertext ini sendiri ialah untuk membuat sebuah teks (kalimat atau kata) yang apabila diklik, akan berpindah ke halaman yang lainnya. Dalam hal ini, Bahasa pemrograman yang digunakan oleh HTML ialah tag . Tag di sini merupakan singkatan dari anchor atau jangkar. Setiap tag setidaknya harus memiliki hypertext reference atau yang disingkat dengan href. Href sendiri harus berisi alamat website lain yang ingin dituju. Adapun contoh dari penerapan tag ialah alamat yang anda tuju</p.

Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis alamat tujuan website. Dua jenis alamat website tersebut ialah alamat absolut dan alamat relatif. Alamat absolut merupakan alamat yang berada dalam sebuah situs yang berbeda. Sehingga, alamat absolut ini digunakan ketika Anda ingin membuat link menuju halaman situs yang berbeda. Penulisan alamat absolut harus ditulis dengan lengkap dan tidak boleh hanya ditulis sebagian saja. Beberapa orang menyebut penulisan tersebut sebagai external link. Sementara itu, alamat relatif merupakan alamat yang berada pada sebuah halaman situs yang sama. Biasanya, penulisan untuk link seperti ini tidak perlu ditulis secara lengkap dan cukup menyesuaikan dengan nama folder yang bersangkutan. Selain alamat absolut dan relatif, atribut lain yang tidak kalah pentingnya dengan kedua hal tersebut ialah target. Fungsi utama dari atribut target ini adalah untuk menentukan apakah alamat link tujuan akan dibuka pada jendela browser saat ini atau membuka jendela browser yang baru. Secara otomatis, setiap link yang kita tuju akan terbuka pada jendela yang saat ini terbuka. Namun jika Anda ingin membuatnya terbuka pada jendela baru, maka Anda harus menggunakan atribut target=”_blank”. Dengan demikian, link alternatif yang telah Anda buat akan terbuka pada jendela yang baru dan tidak akan menimpa jendela yang sudah terbuka.

Sesudah melewati langkah tersebut, maka dapat dikatakan bahwa Anda telah berhasil dalam proses pembuatan link alternatif pada sebuah website. Di samping berguna untuk menghubungkan dua halaman HTML yang berbeda, fungsi lain dari tag ini ialah untuk menghubungkan suatu bagian lain dalam halaman yang sama. Umumnya, pembuatan link jenis ini digunakan pada artikel (tulisan) yang sangat banyak dan terdiri dari berbagai sub bagian. Dengan demikian, tulisan tersebut akan lebih efektif untuk dibaca apabila dibuatkan link semacam ini. Nah, begitulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat link alternatif sebuah website dengan menggunakan Bahasa pemrograman HTML.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Instagram