Perkembangan jaringan internet kini membawa begitu banyak perubahan. Dan perubahan ini hadir dengan membawa berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi setiap aktivitasnya. Dengan melihat perkembangan dunia online akibat dari perkembangan jaringan internet, maka akan lebih bijak rasanya bila Anda juga mengetahui maupun mengenali berbagai perangkat yang membersamai dan juga menunjang perkembangannya. Salah satu yang cukup esensial atau penting adalah dengan adanya HTML yang menjadi inti dari perkembangan yang terjadi saat ini.

Begini Sejarah HTML

Hypertext Markup Language atau HTML adalah bahasa standar yang digunakan untuk menampilkan website secara luas. Akan tetapi banyak yang menyalah artikan bahwa HTML ini adalah bahasa pemrograman dalam website atau internet. Tentu saja anggapan ini hadir karena masyarakat belu memahami betul bagaimana HTML itu sendiri dan juga bagaimana sejarahnya. Maka mari kupas sejarah dan juga perkembangan HTML disini. HTML ini telah menjadi sebuah inti dari website, ia adalah teknologi utama di dalam sebuah website. Dan ternyata HTML ini sudah dimunculkan sejak tahun 90an. Tepatnya pada tahun 1989 tim Berners-Lee mencoba untuk merangkai dan juga menciptakan HTML ini secara sederhana akan tetapi penggunaannya bisa dilakukan secara efektif terutama dalam rangka untuk melakukan pengkodean surat elektronik. Hingga akhirnya tim ini berhasil membuat HTML dimana tujuan awal dari penciptaan HTML ini ialah untuk malayani dan memudahkan pembaca dalam membuka dokumen dengan format HTML.

Hingga kemudian HTML ini berkembang begitu pesat seiring dengan perkembangan jaman. Hingga saat ini HTML sudah melalui berbagai perkembangan dan perbaikan menjadi sebuah regenerasi dalam beberapa versi. Mukaindari yang pertama adalah HTML versi 1.0 yang merupakan HTML pionir dan masih begitu sederhana. Maka tentu saja vers 1.0 ini mengalamj banyak perubahan dan recovery agar menjadi semakin sempurna. Karena kemampuan versi 1.0 ini terbilang masih terlaku sederhana. Lalu muncullah versi 2.0 yang mengalami upgrade kemampuan terutama pada kemampuan untuk menampilkan suatu form pada dokumen Versi 2.0 ini menjadi HTML yang interaktif dibandingkan sebelumnya Kemudian selanjutnya muncullah versi 3.0 yang semakin baik dimana versi ini dilengkapi dengan fasilitas baeu seperti menambah fasilitas peletakan gambar. Namun versi ini segera digantikan demgan versi 3.2 yang lebih upgrade lagi. Versi ini bahkan mendukung script diluar HTML seperti javascript dan lainnya. Kemudian HTML semakin berkembang dengan adanya versi 4.0 yang mengalami banyak sekali upgrade dari versi sebelumnya. Lalu pada HTML versi 4.1 mengalami banyak sekali perubahan dan bahkan memperbaiki berbagai kesalahan kecil. Lalu perkembangan selanjutnya adalah dengan munculnya HTML versi 5.0 yang diluncurkan pada tahun 2009. Dimana versi ini adalah sebuah prosedur pembuatan web terbaru dengan gabungan CSS dengan Javascript.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
Twitter
Pinterest
Instagram